Sabtu, 23 Januari 2016

TUGAS SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI 1 & 2 (Pengantar sistem informasi psikologi dan Arsitektur komputer & Struktur kognitif manusia)



Pengantar Sistem Informasi Psikologi
1.            Definisi Informasi
Menurut Burch & Strater mengemukakan bahwa informasi merupakan proses pengumpuian atau pengolahan data untuk memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan, Sedangkan sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.
Menurut pendapat saya informasi sehingga dapat berinteraksi dengan sistem yaitu suatu proses pengumpulan atau pengolahan sebuah data sehingga memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan yang berguna sehingga menghasilkan sesuatu yang terintegritas dan dapat mencapai tujuan.tertentu.

2.            Definisi Sistem Informasi Psikologi
Sistem informasi adalah sistem yang mengumpulkan,mencatat,menyimpan,dan memproses data sehingga menghasilkan informasi yang berguna dalam membuat keputusan, sedangkan menurut (Branca, 1964) psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang perilaku manusia.
Menurut pendapat saya sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang digunakan dalam psikologi untuk mengumpulkan dan memproses data sehingga menghasilkan informasi yang berguna yang dapat mengetahui kaitannya mengenai perilaku manusia.
Pendapat saya tentang penggunaan sistem informasi pada psikologi bahwa sistem informasi sangat penting dalm menunjang perkembangan psikologi karena didalam psikologi terdapat sebuah alat test psikologi yang berguna untuk mengetahui kepribadian seseorang, dengan adanya sistem informasi psikologi. data yang didapat setelah melakukan test psikologi dapat dicatat,disimpan dan diproses sehingga menghasilkan sebuah informasi yang dapat berguna bagi individu tersebut.

·         Contoh kasus

Saat ini telah berkembangnya teknologi yang terjadi pada ilmu psikologi. Banyak alat-alat test psikologi yang telah di rancang pada media computer, saya pernah mengikuti test psikologi EPPS yang dibuat lebih modern dengan percampuran teknologi sistem informasi dengan ilmu psikologi yang disederhanakan dan dibuat lebih mudah dipahami. Dengan cara memilih salah satu dari dua pernyataan sebanyak 225 soal setelah memilih pernyataan yang sesuai dengan diri saya maka bisa dilihat langsung hasil dari kepribadian saya tersebut. Dengan adanya teknologi tersebut membuat test ini jadi lebih mudah dan dapat melihat langsung hasil dari test yang kita isi tersebut. Walaupun hasilnya tidak terlalu akurat tetapi dengan adanya teknologi seperti menunjukkan bahwa test psikologi bisa lebih praktis,fleksibel dan kuno lagi.

·         Analisis Kasus
Jadi, dengan adanya teknologi komputerisasi dalam ilmu psikologi berupa test psikologi memudahkan para psikolog melihat kepribadian klien dengan menggunakan sistem komputerisasi tersebut yang berguna mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan memproses data sehingga menghasilkan informasi yang berguna bagi diri si klien tersebut. Dan juga dengan adanya sistem tersebut mempermudah klien dalam mengisi test psikologi tersebut dan praktis.



Arsitektur Komputer & Struktur Kognitif Manusia

1.      Definisi arsitektur komputer

Arsitektur komputer adalah suatu sistem yang dapat beradaptasi sendiri atau struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri.

2.      Struktur kognisi manusia

Struktur kognisi manusia adalah berhadapan dengan tantangan, pengalaman, dan gejala yang baru, seseorang yang telah memiliki skema pengetahuan ditantang untuk menanggapinya. Dalam menanggapi pengalaman-pengalaman baru ini, dapat terjadi bahwa skema seseorang dikembangkan lebih umum dan rinci, tetapi dapat pula mengalami perubahan total karena skema yang lama tidak cocok lagi untuk menjawab dan menginterpretasikan pengalaman baru.
Menurut seorang tokoh yang bernama Ausabel ia mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan.Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.

3.      Kaitan Struktur Kognisi Manusia & Arsitektur Komputer

Struktur kognisi manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem dan skema yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia, Mempunyai struktur yang sangat kompleks. Arsitektur komputer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer, kompleks namun tidak sekompleks kognisi manusia.
Jadi dapat disimpulkan kaitannya struktur kognisi manusia dan Arsitektur Komputer  bahwa manusia memiliki struktur kognitif yang sangat kompleks. Seperti memiliki pengetahuan dengan begitu manusia dapat menciptakan sebuah teknologi seperti komputer. untuk keperluan manusia dalam membantu proses penginputan data, perhitungan, pengolahan data dan juga dapat memenuhi kebutuhan fungsional dan kinerja.

4.      Kelemahan dan Kelebihan arsitektur komputer dibandingkan struktur kognisi manusia
            Kelemahan
a)      Arsitektur komputer tidak sekomplek sturktur kognisi manusia.
b)      Memungkinkan terjadinya kesalahan atau error.
c)      Memerlukan biaya yang cukup besar.
            Kelebihan
a)      Mempermudah bagi penggunanya
b)      Bersifat sistematis
c)      Untuk keperluan manusia dalam membantu proses penginputan data, perhitungan, pengolahan data dan juga dapat memenuhi kebutuhan fungsional dan kinerja.
d)     Multi user, artinya sistem ini dapat digunakan oleh beberapa orang dalam waktu yang bersamaan.


Sumber :
Sarosa, S. (2007). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: PT Grasindo
Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Yogyakarta: Kanisius
Putu, A.E.P (2014). Sistem informasi dan implementasinya. Bandung: Informatika
Basuki, H. (2008). Psikologi umum. Depok: Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar