Kamis, 25 Oktober 2012

Makna kehidupan manusia ( dari perkuliahan ilmu budaya dasar )



Saya akan memaparkan atau mengulas kembali materi perkuliahan pada tanggal 20 oktober 2012,yang diberikan dosen saya dan menceritakan kembali apa yang telah teman saya presentasikan.dari apa yg telah di berikan pada perkuliahan tanggal 20 oktober 2012,saat itu saya mendapatkan suatu pesan moral dan ilmu yang saya dapatkan dari dosen ilmu budaya dasar saya.suatu cerita yang memaparkan tentang kesuksesan dan pengalaman hidup.

Dosen saya memberikan sebuah cerita sebagai berikut : Suatu ketika seorang murid bertanya kepada gurunya "apa itu kesuksesan". Guru tersebut mengeluarkan uang selembar bernilai seratus ribu rupiah dan bertanya kepada murid-muridnya siapa yang mau uang itu. Serentak semua murid menjawab mau. Lalu guru tersebut melipat uang tersebut dan bertanya kepada muridnya siapa yang mau uang tersebut. Semua muridpun menjawab mau. Kemudian guru tersebut meremas-remas uang seratus ribu rupiah tersebut dan bertanya kepada muridnya siapa yang mau. Muridnya masih menjawab mau. Uang tersebut di lempar dan di jatuhkan kelantai dan bertanya kepada muridnya siapa yang mau uang tersebut. Murid-murid di dalam kelas itu pun masih menjawab mau. Dan terakhir guru tersebut menginjak-injak uang tersebut dengan alas sepatunya dan mengambilnya, lalu menunjukkan uang tersebut kepada murid-muridnya siapa yang masih mau uang tersebut. Semua murid di kelas tersebut masih tetap menjawab mau, walaupun uang yang senilai seratus ribu rupiah tersebut udah kotor dan lecek.

Dari cerita yang saya dapatkan itu saya mendapatkan pelajaran lebih dari cerita tersebut.bahwa walaupun kita di ejek,di cemooh dan di hina oleh orang lain kita tidak boleh patah semangat atau putus asa tetapi kita harus berpegang teguh kepada apa yang telah menjadi prinsip kita ini.seperti cerita di atas (walaupun uang yang senilai seratus ribu rupiah tersebut sudah kotor dan lecek tetapi tidak membuat harga atau nilai mata uang itu menurun).kita harus menyikapi itu semua dengan baik dan menjadi pelajaran dan motivasi kehidupan kita.bahwa juga perlu usaha,kerja keras dan semangat agar semua kesuksesan itu bisa tercapai dengan baik.

Dosen saya juga memberi suatu pemahaman tentang pengalaman hidup.menurut saya,pengalaman hidup tidak berupa suatu cerita yang manis ataupun indah saja melainkan pengalaman hidup juga meliputi pengalaman buruk atau pengalaman menyedihkan.pengalaman hidup seseorang tergantung kepada bagaimana orang tersebut menyikapi itu semua baik atau buruk.di dalam pengalaman hidup juga ada sisi positif dan negative nya,setiap orang mempunya pengalaman hidup masing-masing.oleh karena itu kita harus saling berbagai pengalaman hidup kita kepada orang lain.dan mengambil dari setiap sisi positif orang lain untuk pembelajaran bagi diri kita dan membuang dari setiap sisi negative nya.intinya sebagai makhluk social kita harus saling ber interaksi satu sama lain dan saling berbagi pengalaman hidup kita.

 Hal postif yang saya dapat terapkan dalam kehidupan sehari dari cerita di atas :
  1. kita harus saling menghargai satu sama lain sesama makhluk ciptaan Allah swt.
  2. Kita harus mempunyai semangat hidup pantang menyerah dan tidak boleh cepat putus asa.
  3. tetap kuat dan sabar dalam menghadapi segala cobaan yang diberikan.
  4. selalu ciptakan sesuatu yang baik seperti,ramah tamah terhadap kerabat teman dan tetangga juga        sopan santun kepada setiap orang
  5. selalu berdoa kepada Allah swt baik dalam keadaan susah ataupun senang.

    Hal negatif yang harus kita tinggalkan :
1.  jangan terlalu meremehkan sesuatu hal yang kecil.
2.  jangan pernah putus asa dan menyerah dalam hal apapun.
3.  tinggalkan sikap sombong dan angkuh yang membuat diri kita tidak baik
4.  Lupa akan pada Yang Maha Kuasa yang telah menciptakan kita untuk menikmati kehidupan di dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar